Rumah Minimalis Atau Rumah Tropis?

Rumah minimalis atau rumah tropis? Dua gaya bangunan ini memang memiliki cukup banyak perbedaan. Gaya minimalis awalnya muncul di Eropa yang menginginkan ide sederhana dalam desain, sehingga tercipta gaya bangunan minimalis.

Sementara seperti namanya bangunan bergaya tropis akan cocok untuk iklim tropis dan unsur-unsur alam di sekitarnya.

Bentuk Bangunan

Keseluruhan bangunan bergaya minimalis terlihat lebih sederhana, bentuk geometris, dan didominasi warna putih atau monokrom. Bangunan minimalis enak dipandang dan tampak bersih, tapi rumah dengan bentuk ini tampak dingin dan kurang dinamis.

Sementara itu, rumah tropis berkesan lebih ramah dan responsif terhadap lingkungan, terutama bagi kita yang hidup di negara dengan iklim tropis ini. Namun, rumah bergaya tropis terkesan suram karena umumnya didominasi warna sederhana.

Suasana Interior

Interior gaya minimalis umumnya tidak banyak isolasi atau penghalang dinding, sehingga terasa lebih luas. Pemilihan furniture dan pernak-pernik juga harus cocok (yang sederhana dan ringan) agar kesan minimalis dipertahankan.

Sementara itu jika anda memilih rumah tropis, umumnya suasana interior terasa lebih nyaman dan dinamis. Dalam pemilihan furniture lebih bebas dan lebih bebas untuk memilih bentuk dan warna.

Pemilihan Material

Bangunan minimalis didominasi oleh bahan modern seperti kaca, baja dan beton, sehingga bentuk dan tampilan rumah menjadi lebih sederhana tapi tegas.

Sementara bangunan tropis lebih banyak menggunakan bahan-bahan alami seperti batu bata, kayu, sampai batu alam lainnya.

Bangunan minimalis umumnya berbentuk kotak saja, dengan bentuk atap datar. Sementara rumah tropis identik dengan atap segitiga menjulang.

Perawatan Bangunan

Secara keseluruhan, pemeliharaan bangunan minimalis jauh lebih sedikit karena penggunaan material modern lebih tahan lama. Semua kaca dinding jauh lebih mudah dibersihkan dari dinding biasa.

Sementara bangunan bergaya tropis perlu ekstra hati-hati dalam perawatannya, terutama bagian-bagian yang menggunakan bahan-bahan alami seperti batu alam dan kayu. Kedua bahan ini cepat berubah ketika langsung terkena air atau sinar matahari.

Contoh rumah minimalis:

Contoh Desain Rumah Minimalis Ukuran Kecil

Interior Rumah Minimalis Tanpa Pembatas Dinding

Rumah Minimalis 2 Lantai Terbaru

Rumah Minimalis Satu Lantai Nan Indah

Rumah Minimalis Warna Cat Netral Tapi Indah

Contoh rumah tropis:

Interior Rumah Tropis Dengan Furniture Unik

Desain Rumah Tropis Bentuk Bangunan Unik

Model Rumah Tropis Memiliki Kolam Renang Dan Gazebo

Rumah Tropis Tradisional Memiliki Taman Luas

Desain Rumah Tropis Ukuran Kecil Bentuk Unik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *